Thursday, February 08, 2007

BANJIR

Baru kali ini gw bener2 merasakan yg namanya BANJIR. Selama ini gw tau yg namanya banjir itu hanya melalui televisi. Bagaimana kuasa-NYA menurunkan hujan lebat pada zaman nabi Nuh AS. Bagaimana IA memberikan cobaan maha dasyat melalui Tsunami (tapi sepertinya ada yg lebih lagi dech).

Dahulu, tepatnya Februari 2002 banjir juga melanda komplek gw. Fyi, klu yg nont0n tv u/ info2 banjir akhir2 ini pasti tau Komplek Pinang Griya, Ciledug-Tangerang. Nah...itulah komplek gw tinggal selama 18thaun terakhir. Dan selama 18 tahun tersebut, yg namanya kena banjir pertama kali adalah tahun 2002 tersebut. Kebetulan gw lagi di Bogor. Masih masa2nya ujian. Pas mo pulang ke rumah, tante gw tlp gw gak boleh pulang dengan alasan rumah banjir & itu sudah sepinggang orang dewasa. Orang rumah gak bisa tlp waktu itu karena akses tlp mati, lampu juga mati, hp low bat, tempat ngungsi juga gak ada tlp yg bisa di-hub.

Setelah 1bulan bertahan dengan kesepian di BOGOR (apaan sich?), akhirnya gw bisa pulang ke rumah tercinta. Banyak juga barang yg bisa diselamatkan. Cuma lemari gw ilang. Pintu kamar dah gak ada. Kulkas pindah lokasi ke atas meja makan. Tapi kita masih bersyukurlah. Cuma gw gak enaknya adalah gw gak bisa bantuin keluarga u/ beres2 rumah.

6 bulan setelah kejadian itu, Bonyok (Bokap-Nyokap, red) memutuskan u/ merenovasi rumah. Rumah ditinggikan. Ditingkat juga dg satu kamar tidur u/ adik gw. Setelah hampir 8bulan proses renovasi rumah selesai sudah.

Hampir 4tahun kita menempati rumah yg telah direnovasi dan jeng...jeng...jeng...(nada syerem gitu dech), tepat di bulan yg sama (Feb 2007) setelah 5tahun berlalu, air itu datang lagi. Dan kali ini gw langsung berada di lokasi. Langsung merasakan sendiri dampak dari meluapnya air sungai.

Kamis, 1Feb2007 setelah pulang kantor gw langsung ungsikan semua perabotan yg ada di lantai dasar ke lantai atas rumah gw. Dan hasilnya lantai atas jadi kayak kapal pecah.

Jum'at, 2Feb 2007 air di dalam rumah sudah setinggi dengkul gw.

Dan Sabtu, 3Feb 2007 pagi harinya udah setinggi leher gw. Berhubung gw gak itung itu tingginya berapa meter. Karena takut kehabisan persediaan makan & air bersih akhirnya kita semua nekat keluar dengan cara gendong ama tim penyelamat karena gak kebagian perahu penyelamat. Dan fyi juga selama 1hari 2malam di rumah gw di lantai atas ada 15orang pengungsi termasuk keluarga gw.

Minggu-Senin, 4-5Feb2007 gw ngungsi di rumah Dahlia. Nyokap sich bilang bahwa air sudah surut minggu malam. Ya udah, merasa punya tanggung jawab & gak enak ama Dahlia juga akhirnya Senin siang gw pulang kerumah lagi u/ beres2 & bersih2 rumah. Tapi ternyata, Senin sore, air itu datang lagi dengan katinggian sebetis gw di dalam rumah. Hal ini bertahan sampai Selasa pagi.

Selasa, 6Feb2007 gw sekeluarga keluar rumah u/ menyelamatkan diri lagi daripada ntar kejebak dengan nasib yg sama. Tapi kali ini gw sekeluarga ngungsi di rumah penduduk di atas komplek gw (Kampung Kebalen). Selama satu malam kita di sana. Dan air belum juga surut sampai Rabu pagi.

Rabu, 7Feb2007 karena paginya gak ujan gw nekat ke kantor. Jalanan macet & tol yg biasa gw lalui (Merak-Jakarta) banyak dilalui juga oleh motor kendaraan beroda 2 itu). Gak tau dech apakah mereka juga ditarik tarif yg sama dengan kendaraan beroda 4. Sorenya air dah surut sepenuhnya (tapi masih takut juga ada kemungkinan naik lagi). Kita sekeluarga memberanikan diri u/ tidur di rumah. Gak enaklah ama temennya nyokap gw itu u/ ngungsi.

Kamis, 8Feb2007 pagi hari langit kembali gelap & hujan turun dengan lebatnya dari sekitar jam 4 pagi. Gw nekat aja ngantor karena besok selama 2 hari berturut2; Jumat-Sabtu gw libur, & baru masuk lagi hari Minggu. Aduh semoga gak banjir lagi dengan keadaan hujan lebat tadi pagi.

Oh ya, gak enak juga ya ngomong kayak gini (ngerajuk kesannya) padahal keadaan gw masih lebih beruntung dari pada Catuy yg banjirnya lebih parah dari gw. Dan dia lebih sering mengalami hal ini.

Semoga kita bisa menyikapi keadaan ini & gak berlarut2 menjadi tradisi. Semua tergantung kita aja. Gak bisa trus2 menuntut ama pemerintah atau menyalahkan pembangunan komplek, perumahan & gendung perkantoran di atas lahan serapan air...

1 comment:

Ifoeng said...

Semoga tabah ya..
Banjir kali ini kayaknya memang lebih gede dari taun 2002. Semoga keadaan di rumahmu cpt pulih ya..