Saturday, May 20, 2006

PERJUANGAN TAK AKAN PERNAH SELESAI (Epsd. 2)

Sabtu, 6 Mei 2006 gw mengikuti tes ke-2 penerimaan pegawai di Perusahaan yg gw ceritakan di postingan sebelumnya. Tes ke-2 ini adalah Psikotes. Dilaksanakan dari pagi 7.30 wib sampai dengan 12.00 wib. Bertempat di SMU Perguruan Cikini – Pancoran – Jakarta Selatan. Dari hari2 sebelumnya gw dah belajar. Banyak yg bilang gak usah belajar ampe gila, yg paling baik adalah menjaga tubuh kita supaya pada hari H-nya kita gak sakit dan bisa mengerjakan soal2nya dengan maksimal... Pengumuman tes kedua ini amatlah cepat. Sore harinya tepat pukul 17.00 wib di tempat yg sama dengan tes berlangsung. Bagi yg lulus tes ke-2 ini akan melanjutkan ke tes ke-3 esok harinya ( Minggu, 7 Mei 2006) di kantor pusat.

Alhamdulillah, gw lulus. Lagi2 berkat ridla 4JJI SWT, dukungan orang tua, dan dukungan dari temen2 semuanya. Esok harinya gw kebagian tes yg jam ke 3 yaitu jam 11.00 wib sampai 12.30 wib. Tes ke-3 ini adalah lanjutan psikotes dan FGD (Focus Group Discution). Pas lagi nunggu giliran masuk, gw sempet berkenalan ama calon2 pelamar lainnya meskipun gak sampai sempet minta no. Tlp. Dari pembicaran kecil-kecilan kita gw bisa menilai bahwa sebagian besar dari mereka lebih hebat dari gw. jadi mulai ciut dan was-was dech gw. Aduh, aduh, aduh mulai dech penyakit tegang gw; yi sakit perut. GAWAT...GAWAT...GAWAT...

Ah... sudahlah, gw serahkan semuanya kepada 4JJI SWT. Hanya DIA yg tahu apa yg terbaik bagiku dan hanya ridla dari-NYA lah gw bisa sampai sejauh itu. Ketika di dalam ruang ujian, perkiraan gw gak meleset jauh. Sebagian besar dari mereka memang hebat2. Gw hanya bisa berjuang semaksimal mungkin dan melakukan yg terbaik yg gw bisa dan menyerahkan semuanya kepada 4JJI SWT. Semoga gw lulus dalam tes kali ini.

Pegumuman tes ke-3 ini akan diumumkan 1 bulan kemudian via tlp. Jadi bagi mereka yg tidak di telpon yah... memang bukan jodoh aja kli. Hmmm...2 minggu telah berlalu dan hal inilah yg membuat gw makin sakit perut. Ketakutan terbesar gw adalah gw gagal dalam tes ke-3. Sehingga gw gak bisa lanjut apalagi menjadi karyawan di perusahaan tersebut. Jadi yg bisa gw lakukan sekarang hanyalah menunggu, berdo’a, menyerahkan semuanya kepada 4JJI SWT, dan hehehe :-) lagi-lagi dukungan dari teman2 semua. Mohon dukungannya lagi ya!!!

Senin, 8 Mei 2006 gw training di HSBC. Tempat trainingnya di HSBC Learning Center tepatnya di Plaza Centris, Lt. 10, Kuningan – Jakarta Selatan. Menurut jadwal, gw akan training mulai jam 8.00 wib sampai jam 17.00 wib dan setiap harinya harus ada tandatangan dari Trainernya. Karena klu gak, gw bisa gak dapet jatah uang transport dari agent gw.

Hari pertama gw kira akan banyak orang yg training. Yah perkiraan gw antara 20-50 orang, tapi ternyata hanya ada 20 orang. Itupun sudah termasuk 2 orang pegawai tetap yg di rotasi ke bagian Credit Card. Posisi gw adalah Call Center untuk Credit Card. Bersyukur gw mendapatkan temen2 baru yg baik dan welcome. Jadi senengnya adalah kita satu angkatan enak jadinya. Tapi ternyata gw training bisa tidak 2 bulan. Hal ini dikarenakan akan ada proses penyusutan atau bahasa kerennya ”eliminasi”. Eliminasi pertama dinilai dari average nilai 4X tes. Bagi yg nilai averagenya > atau = 55 boleh melanjutkan ke tahap selanjutnya. Tapi bagi yg tidak, yah hari terakhir itu (Senin, 15 Mei 2006) harus pulang kampung. Kita ujian/tes tiap pagi sehari setelah mendapatkan materi.

Senin, 15 Mei 2006 Alhamdulillah gw lolos dan boleh melanjutkan ke tahap berikutnya. Sayangnya, gw harus berpisah dengan sebagian temen2 gw. Padahal kita dah deket gitu dech. Tapi untungnya kita masih bisa saling kontak melalui tlp or FS.

Selasa, 16 Mei 2006 peserta training tinggal 8 orang. 6 Perempuan dan 2 Laki-laki. 2 hari ke depan kita akan diperkenalkan dengan cara kerja Call Center di Menara Mulia Lt. 24 Gatot Subroto – Jakarta Selatan. Hari pertama gw mulai berpikir bahwa akan sangat lama sekali bagi gw untuk menjadi seorang CSR (Customer Service/Call Center) yg baik, tapi gw HARUS berjuang dulu sampai semaksimal mungkin. Gak boleh Give Up di tengah jalan dan hadapi masalah semampu gw. Pokoknya gw gak boleh lari dari masalah. Harus tetep BERJUANG sampai titik darah penghabisan. Kalau memang jalannya bukan di situ, yah... emang bukan jodoh aja, eh kebalik ya! (klu bukan jodoh, emang bukan jalannya di situ :p).

Selama 2 minggu training ini gw tinggalnya ama tante gw. Lumayan bisa hemat ongkos dan waktu. Terutama sich waktu. Karena kalu dari rumah gw yang di Ciledug – Tangerang bisa memakan waktu @3jam perjalanan berangkat ngantor. Klu gw lakonin dari rumah, bisa2 gw tua di jalan. Tapi klu dari rumah tante gw yg di Radio Dalam – Jakarta Selatan, lumayan menghemat segalanya. Gw beruntung buanget. Dan gw HARUS, KUDU, MUSTI bersyukur akan situasi ini. Semoga ini jalan yg terbaik. Meskipun kemungkinan gw hanya bisa bertahan sampai minggu depan, tapi pengalaman ini amat berharga.

Ada seorang yg gw tuakan dan gw hormati pernah bilang ke gw; ”kamu HARUS bisa menjalani dan menyelesaikan semua yg sudah kamu jalani sampai kamu sudah gak punya tenaga lagi. Jadi kalu ini adalah kegiatan atau hal yg baik untuk kamu sekarang ini, jalanilah. 4JJI SWT pasti akan memberi jalan lain yg lebih baik untuk kamu di lain kesempatan.”

No comments: