Tuesday, July 12, 2011

UNFORGETABLE SOUL TRAVEL

Kenapa ini saya katakan sebagai "Unforgetable Travel" karena ini salah satu perjalanan yang sangat saya idam2kan. Umroh (someday Haji).

Tahun 2007 diajak oleh Fifi tp karena waktu itu baru masuk kerja di HSBC jadilah saya belom mendapatkan cuti. Tertunda...

Tahun 2008 kembali diajak oleh Fifi lagi dan kembali saya baru masuk di B&P, jadilah saya belum bisa mengajukan cuti. Tertunda...

Tahun 2010 akhir mb Anna (TPG PKM Cibodsari) mendapatkan hadiah dari Pak Walikota TNG; WH karena dia mendapatkan juara k-2 lomba TPG Teladan se-Provinsi Banten. Waktu itu belum ada kepikiran sama sekali untuk ikutan. Bahkan sampai bulan yang ditentukan pun saya hanya berusaha nitip do'a aja. Lalu entah dapet ide drmn, mungkin karena sangat ingin memohon sesuatu kepadaNYA sehingga ditempat manapun saya ingin sekali mencoba. Apalagi di tanah suci Mekkah & Madinah yang disinyalir merupakan tempat yang paling banyak di ijabah do'a2 kita, saya pun ingin mengusahakan ke sana.

Setelah izin dan sedikit perdebatan dengan ortu, akhirnya saya menetapkan untuk berangkat Umroh dengan mb Anna menggunakan travel yg digunakan mb Anna. Waktu itu direncanakan bulan Mei akhir. Tapi ternyata diundur tgl 2 Juni 2011. Alhamdulillah saya berangkat juga tgl 2 Juni 2011.

Ini dia foto saya dan kedua ortu sebelum saya check ini di imigrasi dan boarding.

9jam di burung besi. OMG...mati gaya. klu gk baca2 brosur, baca2 bahan (do'a2) ibadah umroh. Tidur. Makan. Tidur lagi.

Berangkat jam 13.30 dari Bandara Soekarno Hatta dan nyampe di Bandara King Abdul Azziz - Jeddah jam 18.00 (masih terang). Sekedar informasi, perbedaan waktu antara Indonesia dengan Mekkah adalah 4jam dimana Mekah 4jam lebih dulu. Jadi pas nyampe itu sudah jam 22.00 di Indonesia.

ini baru nyampe bandara King Abdul Azziz - Jeddah tapi khusus area jemaah Haji siap2 nunggu di imigrasi

Setelah lepas dari imigrasi dan baggage claim, kita langsung melanjutkan perjalanan darat (by bus) ke Madinah. Perjalanan memakan waktu antara 4-6 jam. Jadi tadi sebelum boarding, saya menjamak sholat Dhuzhur & Azhar di Indonesia. Lalu setelah sampai di Arab, sholat Maghrib & Isya pun saya jamak di perjalanan menuju Madinah. Akhirnya setelah 9jam + 6jam perjalanan, sampai juga di hotel Dallah Tayibah depan Masjid Nabawi - Madinnah. Hotelnya tidak terlalu jauh dari masjid Nabawi jadi sangat memudahkan saya & mb Anna. Oh ya, kami semua 1 travel ada 73 orang termasuk travel assistant dari Malika Travel. Tp klu ke masjid / belanja2 di pasar sekitar masjid saya lebih sering berdua dengan mb Anna. InsyaALLOH aman, meski saya sekamar 3 orang.

ini foto2 di Madinnah

Kamis berangkat dari Indonesia. Jum'at sampai minggu siang di Madinnah. Sholat Dzuhur & Ashar kembali di Jamak sebelum berangkat. Lalu sorenya itu kita langsung berangkat ke Mekah untuk pelaksanaan Umroh. Miqot di Bier Ali. Perjalanan kurang lebih 4 jam. Selama perjalanan ke Mekkah karena kita udah mandi sunnah Umroh jadi harus tetap menjaga kesucian sunnah Umroh.

Sampai di Mekkah malam sekitar Isya. Langsung masuk hotel u/ makan dan melaksanakan sholat Isya & Maghrib yg kembali di jamak. Ini dikarenakan kalau sudah memasuki Masjidil Haram & kita sudah niat Umroh, hal pertama yg dilaksanakan adalah melaksakan ibadah umroh secara berurutan. (1) Tawaf - mengelilingi Ka'bah 7x dengan bahu kiri menghadap Ka'bah, (2) Sa'i - berlari kecil 7x dari bukit Shofa & berakhir di bukit Marwah, (3) Tahalul - menggunting 3 helai rambut. (4) tertib - selesai.

Itulah urutan2 sunnah Umroh yang menjadi wajib dilaksanakan. Kalau ibadah Haji ada beberapa proses lainnya yang harus dikerjakan. Untuk ibadah Umroh ini hal yang harus diperhatikan adalah Miqat. Yaitu tempat dimana kita mengawali (berniat) umroh dengan memakai pakaian ihram tentunya klu gk salah y). Ada beberapa Tempat Miqat yang umumnya adalah masjid besar. Tapi kemarin itu saya melaksanakan hanya 3x Umroh (untuk pribadi, untuk ayah & untuk ibu), jadi Miqatnya juga hanya di 3 tempat yaitu Bier Ali, Jaronnah & haduh lupa euy :p

saya tidak banyak mengambil foto tapi ini beberapa foto di Mekah

Yah itulah sebagian foto2 perjalanan saya Umroh. Masih banyak yg lain tp cukup yg ini saja yg saya perlihatkan :p

Setelah 3 hari di Mekah, saya siap2 pulang tapi bermalam dulu di Jeddah. Hanya semalam setelah itu terbang dari Mekah tapi transit di Riyadh. Barulah 9jam kemudian saya sampai di Indonesia. Jum'at maghrib saya sampai dengan alhamdulillah selamat.

Sekarang saya kangen untuk kembali k sana. Suatu saat saya akan kembali. InsyaALLOH.

Next trip? Malaysia - Singapore - Australia ^_^ woohoo

Awan Diga Aristo said...

weis... dia masih aktip blognya :p

sy belom nulis jg nih :((

btw, km umroh apa poto2 sih disana?

dD said...

@ Awan : masih dunk ach

iyah..blog kamu banyak sarang laba2nay tuh

sambil umroh, sambil poto2.