Friday, September 13, 2013

FRESH BOY BAND AMONG THE K-POP FEVER IS ONE DIRECTION




Seperti janji saya di twitter bahwa setelah saya menonton film One Direction: This is Us (3D), saya mengatakan akan menulis tentang mereka. Dan inilah tulisannya. *jrengjrengjrengjreng #efekdramatis


Kenapa saya kasih judul ini? Karena bagi saya “Akhirnya ada boy band yang bener-bener bisa nyanyi, tampang OK, baju gak perlu norak warna warni atau seragam macam boy band Jepang atau Korea, gak perlu bisa joget padahal gak bisa nyanyi sama sekali”. Yap saya sudah mulai sebel bahkan berada pada tahap muak dengan isi timeline (TL) twitter saya yang melulu menyanjung-nyanjung bahkan seperti mau mati saja kalau gak kenal atau tahu tentang boy band Korea. Bahkan pembicaraannya kalau gak konser boy band Korea, yaa dorama-dorama Korea. Sory to say tapi saya tidak terlalu suka. Pilih-pilih juga kalau nonton. Bahkan boy band Korea is a BIG NO NO!!!


Saya memang aneh. Tidak berbeda dengan penggila Korea sih hanya saja pilihan saya tidak pada gaya bernyanyi atau aksi panggung para boy band Korea ini, yang menurut saya justru mereka nyontek dari gaya Jepang. Kebanyakan teman-teman saya suka dari lagu, lalu menggilai personilnya padahal menurut saya mereka lebih bisa dibilang cantik daripada tampan untuk seorang laki-laki. Akhirnya saya menemukan sesuatu yang fresh. 


Tidak bisa dipungkiri saya pun penyuka boy band. Dari SMP malah. Mulai New Kids On The Block, Take That, Boyzone, 911, E17, Backstreet Boys, Ant & Dec, *NSYNC, Westlife, dan sederetan boy band lain pada tahun 1990an - 200an. Yah memang itu semua boy band barat (Amerika dan US) karena pada saat itu mereka cukup booming. Saat ini, Indonesia dilanda penyakit boy band Korea dan ketika saya melihat di tv ataupun youtube, OMG pencontek. Terdengar menyudutkan sih tapi ya itulah yang saya rasakan ketika melihat mereka. Mencontek siapa? Boy band Jepang tentunya. Mungkin manajemen networking dan promosi mereka lebih gencar dibanding manajemen boy band Jepang yang kebanyakan dipegang Jhonny’s Jimunso yang terkenal keras terhadap anak buah dan lokasi show. Jadi boy band Jepang tidak seheboh Korean. Eh sebenarnya mau ngomongin apa sih? Kok jadi nyinyirin boy band Korea terus :p Sory-sory.


OK, back to the track. Jadi semua dimulai dari kegemaran saya akan ajang American Idol dan sejenisnya. Sejenisnya apa saja? The X Factor (UK, USA, Aussie version) dan juga (Brit, Aussie, USA) Got Talent. Yap saya suka liat ajang itu karena ajang itu cukup genuine menemukan bakat-bakat terpendam dari orang-orang atau sekelompok orang yang bener-bener punya bakat di bidang tarik suara tapi belum terekspose record company. Menurut saya, boy band Korea ataupun Jepang itu memang murni dari tampang dulu, trus bisa joget gak lalu mulai dipoles deh suaranya. 


Nah dimulai dari youtubing The X Factor tahun 2010. Pertama saya melihat audisinya Liam Payne, lalu Harry Style. Kemudian muncullah link One Direction. Apa ini? Ternyata sekelompok anak laki-laki yang terdiri dari 5 remaja yang salah 2 diantaranya saya kenal wajahnya. Lalu saya mulai mencari tau tentang mereka. One Direction terdiri dari; Liam Payne, Harry Styles, Zayn Malik, Louis Tomlinson, dan Niall Horran. Mereka terbentuk bukan dengan sendirinya. Masing-masing awalnya audisi sendiri sebagai solois. Lalu mereka gagal lolos tahap Judges Houses untuk kategori Boys Under 25, tetapi mereka dipanggil sebagai group oleh para juri dan mereka langsung setuju melanjutkan perjalanan The X Factor sebagai sebuah kelompok. Ini adalah link youtube masing-masing anggota 1D (One-Di, nick name for One Direction).


1. Liam Payne

2. Harry Styles

3. Zayn Malik

4. Louis Tomlinson

5. Niall Horran



Lalu saya mulai melihat behind the scene pembuatan video klip mereka. Kelakuan-kelakuan golik mereka. Joke-joke di antara para personil bener-bener seger. Gak jaim. Lucu aja. Trus bagaimana mereka masing-masing individu yang berbeda tentunya, disatukan menjadi satu group, lalu mereka membangun karakter mereka masing-masing yang tidak perlu bisa joget. Huahahha pokoknya lucu aja. Ada beberapa video klip yang serius tapi ada juga yang lucu. Saya lebih suka melihat bagaimana kegokilan mereka di belakang kamera. Ini beberapa link youtube behind the scene 1D yang saya suka.


1. What Makes You Beautiful 

2. Live While We're Young

3. Kiss You

4. One Way Or Another

Sory susah upload videonya, alhasil saya berikan link-nya aja ya. Ini pun hanya sebagian kecil saja. Pembaca yang budiman dan tertarik bisa youtubing aja. Hehehe....

Oh iya, senangnya punya adik sepupu yang juga menyukai film, buku, novel, komik, dan musik barat. Senangnya lagi ternyata adik sepupu saya itu suka 1D. Hahaha =)) Lagu-lagu 1D yang saya tidak peroleh dari internet, saya dapatkan melalui dia. Bahkan dia juga membeli video mereka. Dan Senin 2 minggu lalu saya menonton film 1D; This Is Us. Kami memang terbilang cukup sering menonton bareng meski sulit mencari waktu yang tepat. Yaa kalau tidak ada waktu yang cocok, akhirnya nunggu dvd bajakannya deh (murahan memang kami).
 

Yah itulah segelintir alasan kenapa saya menyukai 1D. Mereka menyuguhkan sesuatu yang baru dan berbeda menurut saya dibandingkan boy band yang pernah ada. Kalau mau tahu bagaimana mereka sebenarnya, mudah sih. Search aja youtubenya. Ini link youtube film 1D; This Is Us. http://www.youtube.com/watch?v=C0I9ikjQtuI




Saya tidak mengajak pembaca untuk turut menyukai mereka, atau membenci boy band Korea. Tapi saya hanya mengungkapkan bahwa yaaa 1D itu fresh dan beda. Terserah pembaca mau menilai seperti apa. Toh ini blog saya jadi tentu saya bebas menulis apa saja. Soo...feel free to comment loh :D

2 comments:

motskee said...

Hahaa..berarti lo muak2 dong yaa baca TL gue :p

Leadya said...

Kadang. Huahaha...tapi lo masih dalam tingkat kewajaran. Gak mengganggu privasi gw kok. Lagian itu kan twitter elo. Bebas mau ngiming apaan aja. Mungkin lo merasakan hal yg sama baca twit gw yg suka ngeyel or nyinyir. Huehehehe...:p