Monday, August 10, 2015

PERJALANAN KE LIMA (lagi-lagi ke MALAYSIA)



Kenapa harus Malaysia?

Saya pertama kali punya passport tahun 2010 karena waktu itu mau ziarah ke makan om saya di Malaysia. Ada 2 om saya dari pihak mama yang menetap di sana. Menikah dan memiliki anak sehingga akhirnya tinggal di sana, jadi sepupu saya banyak di Malaysia.

Tetapi ternyata perjalanan pertama saya adalah ke Arab :-p

Perjalanan kedua kan ke Malaysia? Lalu kenapa sekarang ke Malaysia lagi? Ya karena salah satu adik sepupu saya di sana, Icha, menikah Februari 2013, jadi saya ke Malaysia lagi menjenguk dia. Selain itu, kepengenannya sih tiap tahun bisa jalan-jalan ke LN. Ahahaha….:-p (belagu banget yee…)

Perjalanan kali ini sangat singkat. Tanggal 2 Februari 2013 dengan pesawat malam dari Soeta – Tangerang menuju KLIA – Malaysia. Kali ini kami berempat. Saya, dua adik sepupu (Sheilla dan Dhio) dan satu tante saya (Bilo) teman perjalanan ke Singapura tahun 2012 yang lalu. Sebelum perjalanan, tentu saya menanyakan siapa yang akan menjemput kami di KLIA karena jam 23.00 waktu setempat kami tiba. Dan kalau harus menggunakan taksi, cukup besar biaya yang kami keluarkan karena ada perbedaan tarif taksi antara malam dan siang. Malam lebih mahal dan yaaa…kami merasa tidak aman aja. Akhirnya salah dua temennya Icha yang dulu juga pernah berkunjung ke rumah saya di Indonesia yang datang menjemput.

Masalah selanjutnya adalah tempat tinggal. Dimana kami tinggal? Kami berempat tidak mungkin tinggal di apartement Icha yang sudah dipenuhi oleh 8 orang anggota keluarga inti mereka. Beruntung Icha bekerja di sebuah apartemen di tengah kota. Dekat dengan KLCC dan apartemennya dapat disewakan bak hotel permalam. Jadilah kami berenam, 4 rombongan dari Indonesia dan 2 teman Icha (Zatty dan Yummi) yang menjemput kami di bandara, menginap di apartemen tempat Icha bekerja. Beruntung pula kami dapat rate pegawai jadi cukup murah kami menginap.

                                     Poto-poto dulu sambil nunggu jemputan. 
                                     
                                     Jam 00.15 masih aja eksis


Pukul 01.00 waktu setempat kami tiba di apartemen. Bebersih dulu lalu berusaha tidur meski sulit. Jam 06.00 harus berangkat lagi karena Icha menikah di negara bagian Klang. Cukup jauh perjalanan dari KL ke Klang. Sekitar 2 jam. Benar-benar perjalanan singkat.

                                     Sarapan dulu
 
Mengunjungi keluarga inti Icha dulu di apartemennya di pinggiran kota KL untuk kemudian konvoy mobil ke Klang. Ternyata Icha menikah di area rumah mempelai pria. Mereka menikah di gedung pertemuan yang lokasinya di masjid dekat rumah mempelai pria.

                                          Bersama mempelai wanita (Icha)

Yang unik dari pernikahan ala Malaysia, adalah pelaminan berupa meja panjang yang dipenuhi makanan. Dimana kursi-kursi diisi oleh mempelai pengantin, para orang tua kedua mempelai, dan saudara-saudara inti. Dan karena kami berempat tamu dari jauh, kami mendapat kehormatan duduk semeja dengan mempelai dan keluarga inti mereka. Aheeyyy ^__^ Karena acaranya siang, jadi suguhan makanannya cocoklah  untuk perut saya yang sudah keroncongan lagi. Nasi lemak tadi pagi tidak cukup nendang rupanya. Oh iya, para tetamu juga disediakan meja bulat dan kursi-kursi yang mengelilinginya. Para tetamu setelah memberi selamat kepada kedua pengantin, yaaa….mereka duduk di kursi dan makan dengan tenang, TIDAK BERDIRI. Sangat Islami. Tidak seperti di Indonesia dimana kebanyakan adatnya tidak Islami padahal sebagian besar penduduknya muslim. 

                                                       cem anggota kerajaan je'

                                          Bersama kedua mempelai                                        

Hari sudah semakin sore dan kami undur diri karena tentu saja kami harus packinguntuk pulang besok dan yaaa jalan-jalan menikmati KL di malam harilah. 

                                          Mamam es serut

                                         Beli oleh-oleh

                                         Akhirnya nemu seafood yang endang markonah


Hari terakhir di Malaysia, sebelum pamit ke om saya (ayah Icha) kami berempat menikmati pagi dulu di downtown KL. Jalan-jalan di tengah kota, diantara gedung-gedung pencakar langit KL. Yaa… foto-foto lagi tentunya. hehehe....

                                                 Jalan-jalan di pagi hari

                                         Bersama keluarga "besar"


                                         Hutan di tengah kota

Selepas sarapan di apartemen om saya, kami lanjutkan perjalanan ke Putrajaya. Saya kembali menikmati jalan-jalan di kota kecil, kota pusat pemerintahan kerajaan Malaysia. Sambil mampir di mall setempat beli oleh-oleh lagi setelah kemarin sore beli oleh-oleh yang tampaknya kurang. Hahahaha…..

                                        tampilan  Masjid Raya Putrajaya



                                         Jajan coklat dulu

Akhirnya dengan pesawat malam kami pulang ke tanah air dan perjalanan saya masih jauh lagi karena masih harus melanjutkan ke Bandung. Besoknya kuliah euy (back to reality). Thanx to Icha yang sudah membooking apartemen dengan harga hemat, Zatty dan Yummi yang sudah menemani kami selama kami di KL, dan seluruh keluarga di KL.

See you on the next trip ^__^

No comments: