Thursday, May 28, 2009

LATIHAN ULANG KADER (suatu pembelajaran yg berguna untuk-ku)



Program yan gsedang berjalan di Bidang BinKesMas khususnya seksi gizi sekarang adalah Latihan Ulang Kader (LUK). meskipun masih banyak juga beberapa program lainnya yang sedang berjalan.

LUK ini kita serahkan kepada para Tenaga Pelaksana Gizi (TPG) di 30 Puskesmas se-Kota Tangerang. senangnya meski kita yang di pusat hanya sebagai pengawas tapi ilmu yang gw dapet dari acara ini amat bermanfaat.

Target kita seksi Gizi-BinKesMas DinKes Kota Tangerang adalah supaya para kader posyandu terutama yang baru2 dapat memaksimalkan kerjanya demi memeberikan informasi akurat sekaligus mengurangi anak2 gizi buruk di kota Tangerang (ini bahasa gw aja). karena mereka adalah ujung tombak para petugas kesehatan baik di Puskesmas maupun di Dinas Kesehatan yang paling mengerti situasi di lapangan seperti apa.

just for info, Kader kota Tangerang bunayak buanget. berhubung posyandunya ada 979, wuuiiiiiiiiiihhhhhhhhhh............gak kebayang dech LUK-nya. karena biasanya 1 posyandu punya minimal 2 kader. tapi kita siasati dengan porsi tiap Puskesmasnya. kita usahakan kader2 yang baru.



jujur aja, gw dah lama lulus dari Jurusan Gizi Masyarakat. tapi hampir 4tahun terakhir kerjaan gw jauuuuuuhhhhhhhhhh buanget dari Gizi. jadi kebanyakan lupa. alhamdulillah dengan adanya program ini, gw jadi bisa re-fresh lagi pelajaran2 dulu sekaligus dapet ilmu baru. selain ilmu yang berhubungan dengan pekerjaan, juga dapet ilmu sosial. karena gw yakin gw butuh buanget. bukan karena gw jarang bergaul, tapi tiap orang itu pasti beda karakter. gmn ngadepin orang banyak yang tentu saja demi kelancaran pekerjaan negara (hala bahasanya.....)



nah, ini adalah salah satu materi yang TPG berikan dalam LUK ini. bagaimana cara penimbangan yang benar. bagaimana cara men-tera timbangan (Dacin) supaya kita tahu bahwa itu dacin dalam keadaan baik dan akurat. soalnya cara penimbangan yang benar adalah awal dari keseluruhan kerja para Kader. klu nimbangannya aja udah salah, ntar ke depannya bakalan kacau. ngisi data2 bayi & balitanya kacau. jangan2 balita yang status gizinya baik malah jadi kurang atau gawatnya klu ampe jadi gizi buruk.
human error itu ada. gw pun tak luput dari hal itu. makanya gw salut ama para kader di lapangan yang sudah bekerja keras.

makasih buanyak ya ibu2. jasamu takkan kami lupakan.

No comments: