Thursday, February 02, 2006

TERNYATA GW GAK BETAH JUGA

Gw punya temen yg udah gw anggep sbg abang gw sendiri. Ceritanya waktu itu kita lagi ngobrol2 lewat telpon. Dia lagi agak2 BT ama kerjaannya. Trus gw bilang aja; “Tahan dulu aja bang. Sabar dikit. Mungkin lama2 kamu akan betah kerja di sana. Emangnya gak capek apa tiap tahun menyesuaikan diri dengan lingkungan baru?” Trus dia bilang; “Keadaan yg membuat aku harus pindah. Yah…masalah kontraklah, masalah lingkungan kerja, dan masalah2 lainnya”.

Dulu gw bisa bilang spt itu. Dulu gw bisa kasih dia support kayak gitu. Tapi sekarang…semua berbalik ke gw. Gw dah gak betah lagi ama kerjaan gw ini. Salary bolehlah, tapi kalau terus2an kayak gini, gak ada perkembangan, gak ada tantangan, di pimpong gak jelas. Pokoknya seribu satu alasan yg membuat gw ingin buanget keluar dari kerjaan gw sekarang ini.

Gw lulus bulan September 2004. butuh waktu 6 bulan lamanya gw nunggu untuk memasuki dunia kerja. Itupun gw kerja di perusahaan tetangga gw. Meski jauuuuhhhhh buanget dr latar belakang pendidikan gw tapi setidaknya gw punya pengalaman. Gw bisa tahu lika-likunya dunia kerja ini. Sejak April 2005 mulailah gw bekerja di perusahaan swasta nasional milik tetangga gw itu. Orang2nya enak, gw dapet teman2 baru, pengetahuan baru, dan sesuatu hal yg baru lainnya. Sampai tibalah saat itu. Dimana rekan2 kerja gw sudah mulai bosan dengan tingkah polah ke-ikut campuran-an seseorang di perusahaan itu. Sebut saja Mrs. C. Awalnya gw gak merasa terganggu dengan itu semua sampai akhirnya gw kena imbasnya juga.

Singkat cerita, bos gw sebut saja Mr. A itu membuat kerja sama dengan temannya yg nota bene org berduit tentunya. Dia bekerja dengan org etnis Tionghoa yg saling berhubungan darah. Mr. B, Mr. D & Mr. E. Mr. E lebih sering di Kudus jadi gw lebih banyak berinteraksi dengan MR. B dan Mr. D. Mereka mendirikan perusahaan baru yg berdiri mulai bulan September 2005 dan menempati kantor mulai bulan Desember 2005. Awal2nya perusahaan baru ini berdiri, gw ditawari oleh Mr. A & Mrs. C untuk bantu2 di sana. Pikiran gw waktu itu gw masih berada di bawah naungan Mr. A jadi gw hanya akan bertanggung jawab lebih sedikit kepada Mr. B & Mr. D. Gw menerima tidak dengan senang hati sebenarnya tapi…banyak faktor X yg membuat gw berpikir; “OK lah gw di sana. Drpd di sini terus (waktu itu gw lagi ada masalah dg seseorang disana), Mungkin dg menerima opportunity ini gw bakalan dapet pengalaman baru”.

Akhirnya gw menempati kantor baru. Terhitung mulai 20 Desember 2005. Mrs. C bilang di sana sudah ada 3 orang lainnya. Tapi…gw merasa DIBOHONGI. Ternyata gw adalah satu2nya karyawan di sana. Dan ini masih berlaku sampai kemarin. Meski ada tambahan karyawan, tapi itu bapak2 sudah tua yg mmm….omongannya ama gw udah gak nyambung buanget dech. Terlalu kaku malah. Yah salah gw juga sich. Abies gw agak susah percaya ama orang akhir2 ini :p

Pokoknya di perusahaan baru ini gw HARUS mengurusi segala macam urusan kantor. Sampai ke masalah bersih2. Semua gw kerjakan tanpa terlalu tahu harus memulai dari mana. Beruntungnya gw, gw masih bisa bertanya kepada temen2 gw yg ada di kantor lama gw dulu. Selain itu Mr. B & Mr. D tidak terlalu menuntut harus cepat2. Oh iya, akhirnya gw sekarang mengerti. Ternyata gw di pindahkan atau istilah kasarnya gw di pecat dari kantor lama gw tapi langsung diberi pekerjaaan baru :-) Senangnya sich gw gak harus pusing2 nyari kerjaan baru. Tapi BTnya, orang kesayangan bos lama gw yg jadi komisaris di perusahaan gw sekarang ini yaitu Mrs. C suka nyuruh2 yg gak ada hubungannya ama kerjaan kantor ini. Mrs. C suka nyuruh gw untuk mengerjakan kerjaan kantornya yg lain. Gw pernah berkomunikasi dg bos baru gw Mr. B, katanya Mr. B gw itu di bayar untuk mengerjakan perusahaan ini, bukan untuk ngerjain pekerjaan org. Betul sich, dan gw sudah pernah ngomong ttg ini dg Mrs. C tapi Mrs. C bilang, gak apa2. Biar nanti saya yg bicara dg Mr. B. Bilang aja kamu bantuin saya. Waduh…gila gak tuh??? Mana gw gak dibayar lagi untuk bantuin dia. Bukan itu aja. Dengan membantu dia berarti gw menggunakan waktu kerja gw yg nota bene tercatat sebagai karyawan Mr. B dan dia juga dah bilang, kamu itu saya yg bayar. Meski Mrs. C yg mengenalkan kamu ke saya tapi sekarang kamu terikat kontrak dg saya.

Aduh…gw binguuuuuuuuuuuunggggggg……………….

Ternyata memang benar. Apabila awalnya sudah tidak benar dan tidak ikhlas, pasti ujung2nya gak akan benar. BERANTAKAN. HANCUR. GAK TERPOLAKAN. Dlll. Dsb. Dst. Ect.

Satu2nya keinginan gw sekarang adalah KELUAR DARI LINGKARAN SETAN INI. MENCOBA HIDUP BARU. MENCOBA KERJAAN BARU DARI NOL.

Alhamdulillah orang tua sudah menyetujui. Mereka bilang, kalau kamu terus2an gak jelas kayak gitu, lebih baik kamu keluar. Meski kita tetangga tapi kalau sudah gak jelas kayak gini, lebih baik kamu mencoba dari awal lagi. Memang sich gak hanya masalah itu aja. Masih banyak masalah yg lebih personal lagi. Dari pada terus2an gak enak dg tetangga. Nanti mereka menganggap kita sudah berhutang budi dengan mereka jadi mereka bisa seenaknya memeras kita. (kok filosofinya kejam ya???!!!)

Yah…sptnya gw harus mengikuti saran orang tua. Gw akan mencoba dari awal lagi. Memang mencari pekerjaan itu susah. Membuka lowongan pekerjaan sendiri pun susah, tapi siapa tahu 4JJI akan memberi jalan kepada kita.

No comments: