Tuesday, February 14, 2006

TULISAN NGALOR NGIDUL

Manusia adalah makhluk 4JJI yg paling sempurna. Diberi kelebihan2 spt; bisa merasakan, bisa berfikir, mempunyai hasrat (baiknya sich dipakai untuk kemajuan diri & sekitarnya) dan segudang kelebihan2 lainnya.

Gw yg terlahir sebagai manusia merasa bersyukur diberi kenikmatan spt itu. Entah apa jadinya klu gw dilahirkan dalam bentuk lain. Sebagai makhluk 4JJI yg lain. Pernah sih berfikir bgmn klu gw terlahir sbg binatang? Gw yg bukan penyayang binatang sekaligus bukan juga pembenci binatang (cuma parno aja ama mereka, takut yg tidak beralasan klu kata psikolog), entah knp berfikir aneh kayak gitu. Tapi tentu aja gw gak akan kepikiran gmn rasanya jadi manusia klu seandainya gw beneran jadi binatang. Mana ada sich binatang yg diberi akal pikiran??? Klu gak salah sich cuma kita manusia yg diberi kelebihan itu (jd klu gw salah, guys…friends…harap diluruskan ya kekeliruan gw ini!).

Hebatnya kita diberi kelebihan2 itu adalah mmm…bisa menemukan hal2 baru. Gw pake kata menemukan karena yg menciptakan itu adalah Yang Maha Pencipta, yaitu 4JJI Tuhan kita. Hal2 baru itu tentu saja untuk keuntungan2 kita sendiri. Untuk kemudahan2 kita dalam melakukan segala aktivitas. Meskipun gak banyak efek samping negatif dari penemuan2 ajaib itu. Yah…tentu aja semua itu kembali lagi ke kita & bgmn kita menyikapinya.

Sebagai generasi yg banyak orang bilang adalah generasi modern, gw merasa bersyukur dilahirkan dan masih bisa menikmati kemudahan2 itu skrng ini. Meskipun gak banyak juga yg gw ngerti semuanya alias GAPTEK. Klu kata guru biologi sma gw, gw itu golongan mmm…generasi mengapung. Kenapa? Karena tidak membumi dan tidak juga melangit. Generasi abu-abu. Samar-samar. Blur. Gw menyebut diri gw sbg generasi instant. Ini karena gw sukanya yg instant2 spt mie instant gitu. Gak ding…Becanda :p Knp gw bilang gw suka yg instant? Karena gw suka lemot sendiri klu belajar. Makanya jadi GAPTEK gini. Tapi gw gak bangga & gak malu juga klu dikatain GAPTEK. Wong itu kebenarannya. Apa mau dikata?! Soalnya gw agak lama mengetahui sekaligus mengerti segala macam tekhnologi mutakhir atau yg terbaru itu.

Selain GAPTEK, gw juga kurang informasi. KUPER kali ya… Yah gmn gak KUPER. Orang gw demennya di rumah aja. Jalan2 sich suka tapi gak sering dilakukan. Apalagi ke mal. Ah…klu ke sana palingan klu ada yg dicari/gak sengaja/emang bosen aja di rumah terus. Udah gitu klu di rumah senengnya nonton film khususnya dr VCD/DVD, dengerin musik, baca novel. Amat teramat juarang sekalee nonton berita atau baca berita di Koran. Makanya gw jadi KUPER abies.

Bangga dengan status GAPTEK & KUPER??? ENAK AJA…gak lah yau. Gak ada yg mau spt itu kan? Tapi effort gw untuk memberantas ke-GAPTEK-an & ke-KUPER-an gw belumlah maksimal. Semua terhalang oleh rasa malas, kegiatan2 mendadak/rutin, dll. Aduh … klu ada yg jual obat anti males, pasti orang itu adalah orang kaya sedunia. Pasti buanyak buanget konsumennya. Klu ada yg jual, gw mau dunk. Gw lagi terserang penyakit males nih. Tapi untung aja gw belum terserang penyakit males bernapas. Dan semoga tidak. Wah…gak tau dech gmn jadinya??? Mungkin aja gw lagi gak nulis postingan ini :p

Sebenarnya apa sich yg mo gw omongin disini?

Mmm…buanyak. Makanya jadinya gak fokus gini. Ngalor ngidul.

Tadinya lagi terinspirasi oleh salah satu tulisan temennya temen gw. Tentang bagaimana dia mengira telah menjadi org yg kikir setelah mengalami salah satu kejadian yg memberinya pelajaran berharga. Dari tulisannya itulah gw baru inget klu akhir2 ini gw juga jadi org spt itu. Malah lebih parah lagi. Menjadi org yg individualis, bisa juga dibilang gak pedulian.

Kenapa? Karena baru aja kemaren sore gw pulang kantor naik metromini (gak biasa2nya) yg cukup padat seperti biasanya. Gw melihat seorang laki-laki tuna netra/buta. Gw perhatiin banyak di antara penumpang2 lainnya yg tahu bahwa laki2 itu buta. Tapi dengan kecuekan mereka termasuk gw, kita semua seolah tidak peduli dengan keberadaannya. Bahkan gw pun gak memberikan tempat duduk gw ke dia. Jahat ya gw???!!!!!! Udah gitu ketika ada seorang mba2 turun, sebelum turun pun dia tidak sempat memberikan atau memberitahu bahwa tempat duduknya kosong sehingga laki2 buta itu bisa menggunakannya. Alhasil, sampai akhir perjalanan si laki2 buta itu tetep aja berdiri di tengah keramaian dan sesaknya metromini.

Kenapa gw gak memberitahu? Kenapa gw jadi semakin malas untuk berbicara? Kenapa gw hanya bisa merasa kasihan tanpa melakukan apa2? Kenapa gw begitu jahat? Kenapa?

Semua itu tentu salah gw, karena gw tidak merealisasikan pikiran2 gw ke tindakan yg lebih berarti. Satu lagi julukan untuk gw. NATO = No Action Talk Only.

Gw manusia yg menyedihkan bukan? Hanya memikirkan diri sendiri. Tidak mau melihat kebawah. Selalu merasa kurang. Terbukti dari keluhan2 yg sering gw ucapkan. Padahal masih banyak orang lain yg membutuhkan. Masih banyak orang lain yg lebih kurang beruntungnya dari gw. Gw juga masih suka males ngasih pengamen/tukang minta2 di jalan/di angkutan umum. Entah knp? Di satu sisi gw merasa pekerjaan mereka tidak halal. Dengan meminta2 seperti itu. Tapi…siapa sich gw yg berhak men-judge mereka tentang halal & haramnya suatu pekerjaan? Belum tentu juga pekerjaan yg gw lakukan ini halal (semoga aja gak haram. Ya 4JJI aku mohon petunjukMu!!!).

Selama 22 tahun gw hidup pun gw adalah seorang pengemis. Peminta2. bahkan, sampai kerja sekarang inipun gw masih minta2 ama ortu gw. Gw masih tinggal bareng mereka. Masih bergantung ama mereka. Bahkan gw juga merupakan hamba 4JJI yg paling sering mengemis kepadaNya. Lalu … apa bedanya gw ama pengemis2 itu? Apa bedanya gw ama mereka2 itu?

Hhh….

Gw udah menyisihkan sebagian rizky yg gw peroleh tapi tetep aja bingung mo dikemanain? Paling2 nitip ama mama untuk diberikan kpd mereka yg berhak. Tapi … bisa kan gw menyisihkan sedikit lagi rizky yg gw punya untuk mereka dan diberikan secara langsung entah gw ketemu mereka di jalan atau di angkutan umum.

Hhh…hmmm…

Lagi2 gw merasa makhluk 4JJI yg paling kurang sedunia. Kurang ilmu, kurang gaul, kurang ajar mungkin juga.

Semoga itu semua bisa gw perbaiki. Sekarang…besok…atau lusa…setidaknya salah satu kekurangan2 gw itu bisa gw perbaiki.

Bantu gw dunk mengingatkan untuk memperbaiki diri. :-)

2 comments:

Ifoeng said...

Salam,
Konon katanya Manusia yang benar telah menjadi manusia adalah manusia yang betul-betul menyadari ke-manusia-annya. Kita terlahir tentunya bukan sebuah kebetulan belaka. 4JJI telah menghadirkan manusia ke dunia dalam bentuk penciptaan yang sempurna (Q.S.95:4)yang dibekali dengan segenap potensi baik itu potensi internal (akal, jasad serta ruh) maupun potensi eksternal (Rasul dan Al-QurĂ¡n/Petunjuk).Dan kalau segala potensi tadi tergali secara maksimal tentunya manusia akan memahami serta menyadari tugas, fungsi serta perannya di dunia.Manusia yg tidak sadar akan tugas,fungsi serta perannya (beribadah,Khalifah,hamba 4JJI)derajatnya akan jatuh seperti binatang bahkan lebih sesat dari binatang karena lebih memperturutkan hawa nafsunya(25:44)

Di zaman sekarang memang berat menjadi manusia, tatkala fitrah kemanusian kita tiap saat terus dikikis oleh propaganda setan beserta balatentaranya yg gak pernah kehabisan cara untuk mencelakakan manusia(...kreatif juga yee tu'setan kagak pernah kehabisan ide.. :p). Yang pada akhirnya kita sering terjerumus memilih jalan kefasikan dibanding mengambil jalan ketaqwaan.. :-(

Yuk...kita saling menasehati biar jadi manusia (yg selamat dunia akhirat).


-dari yg masih belajar untuk menjadi manusia-

Awan Diga Aristo said...

cuma lu yang bisa memperbaiki diri lu sendiri kan??