Thursday, March 02, 2006

PASAR MENGINGATKAN GW

Setelah baca postingan temen yg tentang tempat terbaik untuk berbelanja gw jadi inget ama pasar yg hampir tiap hari gw lewatin. Pasar Ciledug namanya. Gw sebel ama pasar itu karena para pedagangnya berjualan di pinggir jalan sehingga menyebabkan kemacetan di sekitar perempatan Ciledug itu. Meski udah disediakan tempat yg cocok untuk berjualan, mereka tetep keukeuh berjualan di pinggir jalan. Gak tau alasannya?

Tapi setelah gw perhatiin lagi, apalagi pas macet (iya lah, di situ pan seringannya macet) gw jadi berpikir dua kali untuk tidak menggerutu. Meski jalanan jadi agak kotor (bukan agak lagi dech kayaknya), bau + macet tapi gw melihat kegigihan mereka dalam mencari sesuap nasi. Terlepas dari cara halal atau tidak, gw melihat bagaimana mereka bersusah-susah, bangun dari pagi buta sebelum masuknya waktu shalat Subuh mungkin sampai malam mereka terus bekerja tanpa lelah. Yah mungkin sesekali beristirahat.

Kalau diperhatiin di tempat, gw lihat mereka ceria, enjoy, seneng. Entah itu untuk menutupi kesedihan atau emang itulah sifat asli mereka, yg penting suasananya hidup aja (iyalah...namanya juga pasar). Kayak gak ada beban. Seneng selalu. Mau laku cepet atau nggak, mereka tetep ceria. Meski banyak juga sich yg air mukanya sedih, merengut, marah2, berteriak, saling ejek atau bahkan keluar kata2 cacian.

Mereka bisa seperti itu, berjuang mati2an, bekerja keras tapi tetep aja seneng meski cuma dapet duit dikit. Gw jadi malu. Bener apa yg gw kira. Gw ini anak yg kurang bersyukur. Dah dapet rizky lebih tapi tetep aja merasa kurang. Merasa orang lain banyak yg lebih beruntung dari gw. Merasa hidup gw gak berwarna (gampangnya sich tinggal di crayon atau kelir aja kli ya...).

Hmmm....sepertinya gw harus keluar. Maksudnya gw harus jalan2. seperti kata buku LA TAHZAN, kalu gak salah intinya adalah; “Kalau kamu sedih, keluarlah kamu. Nikmati keindahan bumi ini. Jalan2. Telusuri tempat2 menarik di bumi ini. Karena kamarmu tidak bisa memberikan pertolongan atas kesedihanmu”. Gw emang harus keluar. Gw harus jalan2. Atau setidaknya tidak stuck dengan ke-BT-an ini. Entah itu melakukan aktivitas yg tidak biasa spt yg pernah disarankan oleh salah seorang teman, atau berkunjung ke kawan lama. Mungkin itu bisa menjadikan madrasah bagi gw spt halnya pasar itu supaya gw lebih mensyukuri nikmat, lebih giat bekerja atau lebih-lebih yg lainnya (asal gak kelebihan berat badan aja :p)

No comments: