Thursday, December 29, 2005

KANGEN AMA TEMEN2 & KESEHARIAN DI CIANJUR (KKN Booo...)

KKN atau Kuliah Kerja Nyata. Kegiatan ini di lakukan ketika gw masih kuliah di semester 6. Setiap mahasiswa Pertanian IPB tingkat 3 harus mengikuti KKN dengan syarat kredit kuliahnya sudah mencukupi batas minimal syarat untuk mengambil matakuliah KKN ini.

KKN dilaksanakan di akhir semester 6, atau pas liburan panjang akhir tahun selama 2 bulan. Untuk mahasiswa Pertanian daerah atau lokasi KKN pada saat itu adalah BOGOR, CIANJUR, SUKABUMI, & LEBAK-BANTEN. Dan...akhirnya gw terlempar di CIANJUR. Untungnya masih ada 5 temen sejurusan gw yang satu kecamatan dengan gw. Tetapi dari 12 mahasiswa (dr berbagai jurusan tentunya) untuk 1 kecamatan tersebut harus dibagi 2 untuk menepati 2 desa yg telah ditetapkan. Kelompok gw ditempatkan di Kecamatan Sukaluyu di desa Selajambe. Sedangkan 6 orang temen gw yg lain ditempatkan di desa Tanjungsari.

Gw di desa Selajambe bersama Noe2 temen sejurusan gw, Sari dr Jurusan KPM, Lusy dr Jurusan AGB, Ara dr Jurusan EPS, dan bang Jody dari Fakultas Kehutanan. Hari pertama kita harus menetapkan siapa Pak Camat dan Pak Lurah. Terpilihlah bang Jody sebagai Pak Camat dan Ara sebagai Pak Lurah. Kedua orang inilah yang akan mengkoordinasi semua kerja kita di desa + kecamatan tersebut selama KKN ini.

Awal2nya sich kita semua sulit berkomunikasi. Kita semua masih membawa kebanggaan akan masing2 jurusan, tapi setelah sering berkomunikasi (iya lah...kan tiap hari + tiap detik ketemu), akhirnya kita menjadi keluarga yang mmm...tak terpisahkan cie...Tapi sedihnya setelah 1 minggu pertama di Selajambe, gw harus pulang ke Jakarta untuk menjalani pengobatan di RSPP karena terserang gejala Typus. Cukup lama juga gw meninggalkan temen2, 2 minggu yg membosankan di RS. Kuangen buanget ama temen2 KKN. Dan ada rasa bersalah karena gw meninggalkan tugas gw di sana. Eh...setelah 1 minggu pertama dirawat, gw mendapatkan kejutan. Gw dijenguk ama temen2 gw. Mereka mengambil liburan sabtu minggu meninggalkan Cianjur. Senengnya diperhatiin :-)

Setelah akhirnya pulih, gw kembali lagi ke Selajambe. Memulai kembali kerjaan gw yg tertunda ataupun yg belom terlaksana. Banyak kejadian2 lucu yg tak terlupakan. Seperti misalnya; karena kamar mandinya di luar dan gak ada pintunya jadi kita mandi selalu berdua, tentu saja sesama wanita loh. Tapi itu juga yg satu harus nunggu di luar untuk menimba air dr sumur sambil menyanyikan lagu Kebangsaaan INDONESIA RAYA :p untuk mendandakan bahwa yg menemani gak kabur gitu...dan bagi yg selesai mandi, harus melakukan hal yg sama seperti yg dilakukan temen yg pertama supaya adil gitu :-)

Untuk urusan makan, kita serahkan kepada ibu kos selama di Selajambe. Kita tinggal kasih uang dan terima jadi makanan apa aja yang di masak oleh ibu. Dan kerennya dengan biaya murah kita bisa makan dua kali dengan menu andalan TERIYAKI (ikan teri-red.), EKADO (telur-red.), Chips (kerupuk-red.), dan Bonteng (ketimun-red.). Sayur...paling kita dapet bayam, kangkung dan yg paling sering adalah sayur kulit melinjo. Emang sich awalnya aneh, tapi sebagai mahasiswa GMSK yg mengetahui bahwa kulit melinjo adalah sayuran yg paling tinggi kandungan seratnya, alhasil dimakanlah sayur tsb tentu saja sambil berpromosi. Oh ya...kadang2 tiap minggu kita suka nge-liweut. Yaitu, makan nasi berramai-ramai di atas daun pisang yang dihamparkan. Nasinya tentu saja buanyak. Dan perbandingan nasi dengan lauknya adalah 50:1. Lauknya lagi2 TERIYAKI or terkadang ikan asin dan tentu saja Bonteng beserta kerupuk tidak terlupakan. Dari sinilah kebersamaan kita timbul (menurut gw loh).

Kerjaan kita selama KKN gak banyak & berat2 amat. Paling pagi2 meninjau desa kira2 mo di kasih program apa ya??? Trus setiap hari rabu selama 2 bulan kita di sana, mulai mengaktifkan kembali jalannya Posyandu, jalan2 nyari donatur untuk pelaksanaan kegiatan di Selajambe, ke kantor Kecamatan yg jauhnya ampun2an. Kudu naik angkot selama 1 jam melewati hutan dan sawah yang jalannya berkelok2, tapi gak langsung turun di depan kantornya, melainkan harus jalan lagi selama kurang lebih 20 menit (kalau gak salah inget). Wah senangnya :-) Apa lagi pas jalan2 ke kota. Ara & Lusy yg suka jalan. Paling kita2 nitip Syomay yg ada di kantin kantor Walikota Cianjur. Hmmm...syedap :p

Trus malemnya mulai memikirkan kira2 apa lagi yg akan kita lakukan untuk Selajambe??? Kalau bisa dibilang sich, hanya menyibukan diri aja daripada gak ada kerjaan. Tapi...gak juga sich, kan itung2 praktek kerja. Tapi kalau lagi libur gak ngapa2in, kita biasanya nyewa VCD original di rental terdekat, nonton di komputernya bang Jody yg di bawa dari BOGOR. Keren gak tuch. Baru kali ini KKN pake komputer. Awal2 sich emang kita pake mesin tik, tapi ternyata gak efisien + efektif juga. Akhirnya bang Jody merelakan komputernya untuk di boyong ke Selajambe. Jadi kadang2 kalau kita mulai Bt lagi, yah...suka nge-games dr komputernya :-)

Setelah mengetahui kalau ke kota gak terlalu jauh meski harus naik 2X angkot, so...setiap malam minggu kadang2 kita suka ke kota. Ke mal yg namanya Harimart. Lumayan juga bisa main di TimeZone, baca2 or sekedar liat2 buku di Toko Buku utama. Dan kalau dah bosen pernah juga sekali waktu kita ke Bandung. Karena jaraknya gak terlalu jauh dari Selajambe ke Bandung, akhirnya kita nekad. Untungnya ada warga yg berbaik hati meminjamkan mobilnya + supirnya buat kita jalan2 :-)

Gak terasa waktunya dah selesai tugas kita di desa Selajambe. Awalnya gw pikir waktu 2 bulan itu luama buanget, tapi ternyata amat sebentar sekali. Wah jadi kuangen ama masa2 seperti itu. Entah kapan lagi bisa kumpul lagi. So...ditetapkanlah setelah KKN kita harus kumpul2 lagi. Ditetapkan waktunya adalah pas bulan Ramadhan dalam acara buka puasa di kost Eka & Eli temen sejurusan gw yg ditempatkan di desa Tanjungsari. Berkumpullah kita dari 2 desa (Selajambe & Tanjungsari-red.) dalam acara kumpul2 temu kangen + buka puasa bersama.

Untuk temen2 KKN se-desa Selajambe dan juga yg di desa Tanjungsari, gw kuangen buanget ama kalian semua. Kapan ya bisa kumpul? Emang terkadang gw yg gak bisa nyesuain jadwal ama kalian semua, tapi insya 4JJI kalau gw dikasih kesempatan lagi, gw puengen buanget kumpul2, nostalgila, or mengetahui kesibukan kalian semua :-)

Sukses untuk anak2 Selajambe dan Tanjungsari. Sukses untuk Sukaluyu :-)

3 comments:

Anonymous said...

hmmmm....ngantuk di,(abiz di kantor gak ada kerjaan) yang ada cuma Lusi. ga kerasa, yaks 2 tahun dah terlewat ya, padahal perasaan baru kemarin didi ama nunu marahin saya, he he. Sekarang kita dah bekerja but i want to say hello to you and other KKN's friend. Memori at selajambe....keep smiling anddon't forget me...a smiling man -Ara-

Waduh di....dikau jadi mengingatkanku kembali pada masa2 KKN...sama,kngeeeeeen yach...apalagi pas kita jalan-jalan berenam...wah, berkesaaaaan banget dech...Di, kayanya kurang seru kalo kita cuma sekedar ngumpul bareng ajah...gimana kalo reuninya sekalian ke Cianjur ajah...kan lebih terasa tuh...hehehe...mau gaaaak???
-lusi-

Anonymous said...

Hi !.
might , perhaps very interested to know how one can collect a huge starting capital .
There is no initial capital needed You may start to receive yields with as small sum of money as 20-100 dollars.

AimTrust is what you haven`t ever dreamt of such a chance to become rich
AimTrust represents an offshore structure with advanced asset management technologies in production and delivery of pipes for oil and gas.

It is based in Panama with offices around the world.
Do you want to become really rich in short time?
That`s your choice That`s what you desire!

I feel good, I started to take up real money with the help of this company,
and I invite you to do the same. It`s all about how to select a proper companion utilizes your funds in a right way - that`s AimTrust!.
I earn US$2,000 per day, and what I started with was a funny sum of 500 bucks!
It`s easy to start , just click this link http://kaqulibaxu.greatnow.com/bubyly.html
and lucky you`re! Let`s take this option together to become rich

Anonymous said...

Good day, sun shines!
There have were times of troubles when I didn't know about opportunities of getting high yields on investments. I was a dump and downright pessimistic person.
I have never imagined that there weren't any need in large starting capital.
Nowadays, I'm happy and lucky , I begin to get real money.
It gets down to choose a proper partner who utilizes your funds in a right way - that is incorporate it in real deals, parts and divides the profit with me.

You can get interested, if there are such firms? I have to tell the truth, YES, there are. Please be informed of one of them:
http://theinvestblog.com [url=http://theinvestblog.com]Online Investment Blog[/url]