Monday, January 09, 2006

CERITA UNTUK LIA

Sebenarnya gw cuma terinspirasi (atau jangan2 ketularan/nyontek tema) dari tulisan lia ttg bagaimana susahnya dia sekarang dalam memanage pendapatannya (uang kepunyaannya die -red.). Sedikit banyak (lagi2) gw pernah menemukan orang yang terjebak dengan keadaan seperti lia. Dia temen gw sendiri, dan kadang2 gw juga terjebak dalam situasi seperti ini.

Dulu waktu gw kelas 1 s/d 3 SD, berapapun uang jajan yang gw dapet pasti hari itu juga langsung abis. Bahkan terkadang meskipun gw dah bawa makanan dari rumah, tetep aja uang jajan itu abis. Sampai2 mami tercinta bilang, ”kamu anak cwe kalau begini terus gak bakalan bisa memanage uang bahkan sampai berumah tangga nanti”. Gila bener, masih SD dah diajarin seperti ini :p

Lalu ketika kelas 4 SD gw berkenalan ama anak baru pindahan dari SD Bojong-Kunciran. Sebut saja dia F. Dia jadi temen sebangku gw bahkan sampai sekarang kita masih suka kontak2an by tlp/sms/ketemu (silaturahim). Trus apa peran F di sini? Nah dari dialah gw belajar bagaimana menghargai uang. Dari tingkah laku F dalam memperlakukan uang, gw sedikit banyak belajar. Dari dialah pertama kalinya gw belajar bagaimana me-ngerem pengeluaran. Dari dia juga gw mengenal kata2 ”Daripada beli barang yang gak guna mending beli makanan. Enak. Kenyang lagi”. Meskipun dari dulu gw dah diajarin nabung, tapi entah kenapa terkadang uang tabungan yang ada di celengan suka gw korek2 trus ilang deh buat jajan. Dan setelah mengenal F, gw jadi suka nabung. Meskipun gak di celengan, tapi ditaruh di dompet :p (tapi tentu saja dompetnya ditaruh di bawah baju2 di lemari pakaian).

Sampai akhirnya kelas 6 SD hal itu dimulai. Gw mulai memberanikan diri dan tentu saja harus sadar diri bahwa gw minta ke mami tercinta supaya uang jajan gw di kasihnya per minggu dan si mami sangat setuju. Tentu saja dengan ultimatum, gw gak boleh minta uang sepeser pun untuk jajan di rumah. Pertama2 sih berat. Bahkan kadang2 gw masih suka minta uang ke mami or papi tersayang :p

Dan terhitung sejak kelas 6 SD itulah gw mulai memanage uang gw. Dari yang biasanya dikasih per-hari, kemudian per-minggu dan akhirnya per-bulan. Meski kadang2 suka dikasih uang tambahan entah dari ke-2 orang tua ataupun dari saudara.

Ketika duduk di bangku SMP ataupun SMA sich gak terlalu bermasalah. Pasalnya gw cuma ngeluarin uang untuk transport ke sekolah, jajan di sekolah, jalan ama temen atau beli kado ultah temen, dan pengeluaran tak terduga lainnya. Sedangkan urusan makan di rumah seperti makan ataupun bayaran SPP, beli buku pelajaran, pengeluarannya tetep gw minta ke mami. Tapi, ketika mulai kuliah dimana gw harus bener2 mandiri (gw nge-kos) sepertinya perjuangan gw dalam menge-rem pengeluaran ataupun hasrat untuk berbelanja bener berat. Gw harus mengatur dengan cerdik bagaimana uang yang diberikan setiap minggunya harus cukup untuk hidup. ATM sich ada, tapi HANYA boleh dikeluarkan untuk membayar kos, SPP kuliah, Praktikum + beli buku. Kenapa gw di kasihnya per-minggu? Karena mami tercinta ingin supaya gw pulang setiap weekend. Tapi kalau ada urusan mendadak gw harus laporan gak bisa dan minta izin ngambil uang di ATM :-)

Karena sudah terbiasa dari SD melakukan pengaturan uang, maka ketika kuliah gw gak merasa kesulitan. Kalau menurut gw kuncinya adalah PENGENDALIAN DIRI. Hasrat untuk membeli sesuatu harus dikendalikan. Pikir2 dulu sebelum membeli. Apakah itu berguna apa gak. Pernah juga sich gw kebablasan belanja dan itu harus dibayar dengan gak boleh jalan2 atau belanja2 selama 1-3 bulan. Meski peraturan itu datangnya dari gw sendiri & gw harus menepatinya. Gw harus selektif. Gw gak boleh ngikutin hawa nafsu.

Dan...hal itu HARUS bisa pula gw terapkan sekarang ini. Terlebih lagi sekarang gw dah kerja. Sudah mempunyai penghasilan sendiri. Tapi guys, JANGAN mentang2 dah punya penghasilan sendiri langsung dech foya2. Kita HARUS bisa pelit dikit. Biarin aja orang bilang kita pelit, atau gak menghargai jerih payah sendiri. Tapi kalau hasilnya untuk besok2 kan gak apa2. Apalagi kalau kita pengen jalan2 (seperti kasusnya gw yg suka ngajak lia jalan2 ke BDG). Sebelumnya HARUS planing dulu. Jangan langsung gedebak...gedebuk trus pergi. Sory ya li kalau gw suka ngajak2 tapi gak mikirin kondisi keuangan lo. Afwan ya mba’. :-)

mmm...apa lagi ya???
Yah...sptnya ini doank dech yg bisa gw kasih. Or...
Peraturan2 gw untuk diri gw sendiri dalam memanage penghasilan gw per-bln-nya:

1. Itung2 berapa uang yg dibutuhkan perharinya untuk transport+makan ke kantor.

2. Lalu sisihkan dr penghasilan lo supaya gak kaget tau2 ntar gak ada duit lagi untuk ke kantor.

3. Kalau bisa lebihin Rp 20.000 untuk jaga2 kali aja ada keadaan darurat.

4. Sisihkan 2.5% untuk zakat/infak/sodakoh? Lupa...pokoknya 2.5% dr penghasilan lo. JANGAN LUPA!!!

5. Kalau masih ada sisa, tabungin.

6. Kalau gak punya tabungan di bank, di celengan ayam/semar juga gak apa2 :p tapi JANGAN diambil2. sewaktu2 aja jikalau dlm keadaan darurat.

7. Jika masih ada sisa lagi, yah...bolehlah untuk jalan2 or nyenengin orangtua. Beliin apaan kek.

Ps: kalau dah punya tagihan sendiri spt; tlp or listrik or air, nah ini JANGAN lupa dikeluarin. Ntar nunggak2 malah kena denda. Masih untung kena denda, nah kalau diputus segala fasilitasnya? Gw Cuma bisa ngucapin SELAMAT YA :-)

Semoga ini bermanfaat buat temen2 yg membacanya. Kalau gak juga...yah gw sich cuma ngasih tau kalau kiat2 ini alhamdulillah berhasil 98% setelah gw terapin. Kenapa 98%? Karena terkadang 2%-nya itu hasrat belanja or jalan2 gw yg gak ketulungan. Or...ada sesuatu hal yg tak terduga :-)

Selamat mencoba ;-)

3 comments:

Anonymous said...

Makasih nih. Merasa tersanjung judulnya gw banget gitu lho..:)Sebenarnya secara teori gw udh tau saran2 lu itu, tp emang susye yg namanya nahan godaan.Tapi tetap gw akan berusaha melaksanakan saran dari ibu dD ;p. Btw qta tetap ke bdg kok..tenang aja Insya Allah jadi.Bandung..i'm coming

Awan Diga Aristo said...

saran lain :
bikin 2 rekening di bank, satu pake atm, satu ga pake atm.
abis terima gaji, sisihin 2,5%,bayar zakatnya. sisanya, bagi 2 (50%-50%). yang setengah masukin rekening tanpa atm, yang setengah lagi masukin rekening yang pake atm (ini yang buat idup sehari-hari).
Biasanya sering ngambil duit itu karena pake atm, kalo nabung di rekening tanpa atm, insya Allah bisa ketahan (males ke bank soalnya :p )

Awan Diga Aristo said...
This comment has been removed by a blog administrator.